Suryo Agung Raih Emas, Pertajam Rekor SEA Games

Sprinter putra Indonesia Suryo Agung membuat kejutan pada lomba lari 100 meter SEA Games 2009 Laos dengan meraih medali emas. Dia juga mempertajam rekor pada nomor ini saat bertanding di Main Stadium National Compleks, Vientiane, Minggu (13/12). Suryo menjadi manusia tercepat Asia Tenggara dengan catatan waktu 10,17 detik. Catatan ini lebih cepat dari rekor SEA Games yang diciptakannya pada SEA Games 2007 yakni 10,25 detik.

Selain mempertajam rekor SEA Games, Suryo Agung juga memecahkan rekor nasional atas nama Mardi Lestari 10,20 detik yang diciptakan pada PON 1998. “Saya senang bisa mempertajam rekor SEA Games sekaligus memecahkan rekor nasional. Semula, saya tidak pernah menduga bakal bisa melakukannya. Apalagi, catatan waktu saya terakhir pada Kejuaraan Asia di Malaysia 2009 yakni 10,38 detik,” kata Suryo usai pertandingan.

Medali perak nomor ini direbut W Sondee (Thailand) dengan waktu 10,30 detik dan perunggu jatuh ke atlet Indonesia lainnya, Fadlin dengan catatan waktu 10,61 detik. Dengan hasil ini, cabang atletik telah menyumbangkan satu medali emas dan satu perunggu pada hari pertama pertandingan atletik. “Ini merupakan awal yang baik.

Prestasi yang dicapai karena konsistennya Suryo menjalani uji coba di berbagai negara,” kata Sekjen PB PASI, Tigor Tandjung seperti dilaporkan wartawan okezone, Fetra Hariandja dari Laos. Menurut Tigor, PB PASI akan memberikan bonus tambahan terhadap Suryo Agung yang mampu mempertajam rekor SEA Games dan memecahkan rekor nasional.

Soal besarnya, Tigor menyebut sama dengan yang diberikan pemerintah. “Sebelum bertolak ke Laos, Pak Bob Hasan (Ketua Umum PB PASI) telah menjanjikan bonus kepada pemecah rekor yang nilainya sama dengan bonus yang diberikan pemerintah,” tegasnya. (das)http://www.pikiran-rakyat.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: