Perjuangan Hidup Semakin Berat Bagi Ikan

Perjuangan hidup semakin berat bagi ikan

Penelitian di Australia mengungkapkan bahwa ikan-ikan muda dalam kesulitan bertahan hidup dan bahkan lebih lagi dibawah perubahan iklim saat ini.

Perbedaan lingkungan yang dialami saat awal kehidupan tidak hanya sebagai penentu utama ketahanan hidup bayi-bayi ikan, namun juga jelas mempengaruhi peluang suksesi hidupnya sepanjang hidupnya nanti.

Ini merupakan penemuan dari penelitian Dr Monica Gagliano dan Dr Mark MCCOrmick dari CoeCRS dan James Cook University, dengan kolega Dr Mark Meekan dari Australian Institute of Marine Science (AIMS).

Tim tersebut telah mempelajari ratusan ikan damselfish Ambon sejak telur hingga dewasa untuk melihat manakah kualitas parental danlingkungan yang menentukan dan mempengaruhi bentuk ketahanan hidup mereka selanjutnya.

“Ketahanan hidup embrio ikan secara dramatis dapa ditolerir hingga temperatur air 31oC, dimana tidak pada umumnya untuk di kawasan ini” Dr Gagliano Mengatakan.

“Tidak dipngkiri lagi bahwa kualitas orang tua dan lingkungan awal yang bayi ikan alami hingga mereka berkembang memiliki pengaruh utama pada siapa yang akan bertahan hidup”.

“Untuk pertama kalinya, kami bisa menentukan nasib ikan-ikan muda dala lingkungan alami dengan mengikuti mereka sejalan dengan waktu, semenjak meninggalkan induk mereka hingga bulan-bulan dimana mereka kembali menetap dalam terumbu lagi,” she says.

Penemuan dari tim, baru-baru ini diterbitkan di jurnal ilmiah prestisius Oceologia, Journal of Animal Ecology dan Proceedings of Royal Society: Biological ScienceI, menunjukkan bahwa pengaruh ibu pada ikan muda dan juga lingkungan yang dihadapi sebelum awal hidup mereka, memiliki konsekuensi pengaruh jangka panjang dalam menentukan siapa yang bertahan untuk repopulasi kembali ereka di terumbu.

Pengamatan mendetail dari tim melihat perjuangan pertumbuhan di Great Barrier Reef dan penelitian mereka membiat kita mengerti bagaimana ikan ini, dan lainnya, dapat dikelola dan dilindungi sehingga mereka dapat bertahan dalam ancaman perubahan iklim.

Sementara berkesempatan membawa induk dengan kualitas baik dan kualitas lingkungan dapat secara signifikan menentukan kesuksesan hidup individu dalam hidupnya, perubahan besar di lingkungan saat ini mungkin dapat menepis kemungkinan persyaratan untuk kelangsungan hidup ini.

Saat lingkungan terumbu sedang mengalami perubahan dramatis di hadapan perubahan iklim/pemanasan global, memahami kehidupan kompleks dari ikan menjadi sangat penting untuk menjamin kelangsungan hidup mereka di masa depan, dimana ikan damselfish yang berwarna-warni, dengan kebanyakan spesies ikan karang lainnya di GBR, kesemuanya merupakan hal vital bagi lingkungan di kawasan tersebut – dan merupakan bagian dari daya tarik yang menghasilkan $4.5 milyar pariwisata di kawasan tersebut.

Bersama kolega mereka dari CoECRS, JCU dan AIMS, Dr Gagliano sekarang ingin menginvestigasi dampatperubahan lingkungan yang terjadi sekarang dan menterjemahkannya dalam masa datang.

“Kemungkinanya ialah keadaan penuh strees yang dialami ikan sekarang mungkin telah diturunkan kepada generasi bayi-bayi sukses yang kebanyakan belum teramati, dan nampaknya kan sangat jauh dibawah penemuan kita baru-baru ini”.

====================================================================

Bagaimana dengan laut sekitar mu?

Bagaimana dengan laut Indonesia?

Sumber : http://cai-diving.org/joomla/index.php?option=com_content&task=view&id=28&Itemid=34

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: